Senin, 11 Januari 2016

Kelompok Apel 3PA06

 KELOMPOK APEL
3 PA 06
ADAM ZAINI BACHRI                  ( 10513121 )
DEA SEPTIANI                               ( 12513071 )
LULU YOLANDA SYIFA              ( 14512271 )
MARCHIA DHIYA FATHIN         ( 15513260 )
NAZHIRA SARFINA                      ( 16513370 )
RAKA NOVANDRA                       ( 17513213 )

REVIEW JURNAL
KEPUASAN KERJA












REVIEW JURNAL
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI MANAGEMENT
JUDUL JURNAL : HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BEKASI

NAMA PENULIS : Kartika Yanidrawati F. Sri Susilaningsih Irman Somantri
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam jurnal yang berjudul “ Hubungan kepuasan kerja dengan kinerja perawat di ruang rawat inap rumah sakit umum daerah kabupaten Bekasi” menurut Kuntoro (1010) Manajemen didefinisikan sebagai proses menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dalam suatu lingkungan yang berubah. Sedangkan Gillies (dalam Kuntor 2010) mendefinisikan manajemen keperawatan sebagai proses pelaksanaan pelayanan keperawatan melalui upaya staf keperawatan untuk memberikan asuhan keperawatan, pengobatan, dan rasa aman kepada pasien serta masyarakat.Sikap seseorang terhadap pekerjaannya mencerminkan pengalaman yangmenyenangkan atau rasa puas dan pengalaman yang tidak menyenangkan atau rasatidak puas. Menurut Locke, (1969, dalam Wexley dan Yuki, 2005) mendefinisikankepuasan sebagai tidak ada selisihnya antara kondisi-kondisi yang diinginkan dengankondisi-kondisi aktual. Sementara itu kepuasan kerja dapat didefinisikan sebagai suatuperasaan positif tentang pekerjaan seseorang yang merupakan hasil dari sebuah evaluasi karakteristiknya (Robbins dan Judge, 2007).

B.     Rumusan Masalah
Untuk mengetahui kinerja perawat di RSUD Kabupaten Bekasi dengan meningkatkan kepuasan kerja mereka.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
1.      Kepuasan kerja
Secara konsep kepuasan kerja memiliki hubungan dengan tingkat kinerja pekerja. Menurut konsep Value Theory, kepuasan kerja terjadi pada tingkatan di mana hasil pekerjaan diterima individu seperti yang diharapkan. Semakin banyak orang menerima hasil, akan semakin puas. Dengan terciptanya kepuasan kerja yang merupakan sikap positif yang dilakukan individual terhadap pekerjaan mereka, maka akan tercapainya kinerja individual tersebut (Wibowo, 2007). Selain itu dengan adanya kepuasan kerja dapat mengurangi turnover, dan mendorong individu Teori lain yang memperkuat hubungan kepuasan kerja dengan kinerja adalah teori dua faktor atau teori motivasi higiene, yang dikemukakan oleh seorang psikolog bernama Frederick Herzberg (1923-2000)


BAB III
METODOLOGI
C.     Pendekatan
Penelitian ini menggunakan Penelitian menggunakan metode deskriptif korelasional

D.    Subjek Penelitian
Populasi penelitian adalah perawat di Ruang Rawat Inap Kabupaten Bekasi sebanyak 86 orang sedangkan sampel penelitian dipilih secara acak sederhana sebanyak 71 orang

E.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner dalam bentuk pertanyaan tertutup dengan memilih alternatif jawaban yang ada dalam bentuk check list (√). Pelaksana dalam pengumpulan data ini adalah peneliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Kabupaten Bekasi. Pengambilan kuesioner dilakukan secara bertahap dan dibantu oleh kolektor data.

F.      Analisis Data
Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif (univariate). Analisa univariat berfungsi untuk meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tersebut berubah menjadi informasi yang berguna. peringkasan tersebut dapat berupa ukuran statistik, tabel. Analisa univariat dilakukan masing–masing variabel yang diteliti yaitu kepuasan kerja dan kinerja perawat. Statistik deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran tentang data masing-masing variabel.




















KESIMPULAN

Hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja positif, artinya untuk meningkatkan kinerja perawat maka perlu ditingkatkan juga mengenai kepuasan kerja perawat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar