KELOMPOK APEL
3 PA 06
ADAM ZAINI BACHRI ( 10513121 )
DEA SEPTIANI ( 12513071 )
LULU YOLANDA SYIFA ( 14512271 )
MARCHIA DHIYA FATHIN ( 15513260 )
NAZHIRA SARFINA ( 16513370 )
RAKA NOVANDRA ( 17513213 )
REVIEW JURNAL
MOTIVASI
REVIEW JURNAL
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI MANAGEMENT
JUDUL JURNAL : PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP PGRI 16 BRANGSONG KABUPATEN KENDAL
NAMA JURNAL : ECONOMIC EDUCATION ANALYSIS JOURNAL
NAMA PENULIS : Astuti, Wiwin Wiji , FX.Sukardi,Partono
BAB I
PENDAHULUAN
.
Latar Belakang
Dalam jurnal yang berjudul “pengaruh motivasibelajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajarIPS terpadu kelas VIII SMP PGRI 16 BRANGSONG KAB> KENDAL” Slameto (2010) mengemukakanbahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajardibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktoreksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal daridalam diri siswa, seperti disiplin belajar, kondisifisiologis (keadaan fisik dari siswa), kondisi psikologi(kecerdasan, bakat, minat, motivasi). Faktor eksternaladalah faktor yang berasal dari luar diri siswa, sepertifaktor lingkungan, alat instrument (kurikulum, metodepembelajaran, sarana dan fasilitas serta guru/pengajar).Menurut Sardiman (2007) dalam proses belajar, motivasisangat diperlukan karena hasil belajar akan optimal kalauada motivasi”. Siswa akan berhasil dalam belajar apabiladalam diri siswa ada suatu keinginan untuk belajar.Keinginan belajar akan berpengaruh terhadap aktivitassiswa dalam proses belajar di sekolahan, apabila memilkikeinginan atau motivasi maka berpengaruh terhadapkegiatan belajar di kelas sehingga menjadi siswa yangaktif di kelas. Dalam kegiatan belajar mengajar, tugassiswa adalah belajar apabila siswa tidak berbuat sesuatuyang seharusnya dikerjakan yaitu belajar maka perludiselediki sebab-sebabnya.
.
Rumusan Masalah
Adanya pengaruh motivasi belajar dan metodepembelajaran terhadap hasil belajar siswa
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
1.
Motivasi belajar
Menurut Sardiman (2007) dalam proses belajar,motivasi sangat diperlukan karena hasil belajar akanoptimal kalau ada motivasi”. Siswa akan berhasildalam belajar apabila dalam diri siswa ada suatukeinginan untuk belajar. Keinginan belajar akanberpengaruh terhadap aktivitas siswa dalam prosesbelajar di sekolahan, apabila memilki keinginan ataumotivasi maka berpengaruh terhadap kegiatan belajardi kelas sehingga menjadi siswa yang aktif di kelas.Dalam kegiatan belajar mengajar, tugas siswa adalahbelajar apabila siswa tidak berbuat sesuatu yangseharusnya dikerjakan yaitu belajar maka perludiselediki sebab-sebabnya
2.
Proses pembelajaran
Hal ini sesuai dengan pernyataan Tu’u dalamImroah (2008) yang menyatakan bahwa unsur yangada dalam hasil belajar adalah prestasi belajar dannilai siswa. Mengemukakan beberapa pendapat lainmengenai prestasi belajar yaitu: (1) Prestasi belajarsiswa adalah hasil belajar yang dicapai siswa ketikamengikuti dan mengerjakan tugas dan kegiatanpembelajaran di sekolah, (2) Prestasi belajar tersebutterutama dinilai sebagai aspek kognitifnya, (3)Prestasi belajar juga dibuktikan dan ditunjukanmelalui nilai atau angka nilai dari hasil evaluasi yangdilakukan oleh guru terhadap tugas siswa danulangan-ulangan atau ujian yang ditempuhnya.Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkanbahwa prestasi belajar siswa adalah hasil belajaryang dicapai siswa ketika mengikuti danmengerjakan tugas dan kegiatan pembelajarandisekolah yang ditunjukan dengan nilai atau angkasesuai batas ketuntasan minimum yang telahditetapkan oleh sekolah
BAB III
METODOLOGI
.
Pendekatan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
.
Subjek Penelitian
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal yangberjumlah 116 siswa karena penelitian ini adallahpenelitian populasi maka diperoleh sampel sebesar116 siswa
.
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dikakukan dengan caramenggunakan angket dan dokumentasi. berganda, dan ujihipotesis.
.
Analisis Data
Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif,uji prasyarat analisis, uji asumsi klasik, dan analisisregresi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar