Selasa, 06 Oktober 2015

KOMUNIKASI 3PA06 ( KELOMPOK APEL )

PSIKOLOGI MANAJEMEN
KOMUNIKASI


DI SUSUN OLEH :

KELOMPOK APEL
3PA06

                                           ADAM ZAINI BACHRI                   (10513121) 
MARCHIA DHIYA FATHIN            ( 15513260)
NAZHIRA SARFINA                       ( 16513370)
RAKA NOVANDRA                        ( 17513213)





BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting, komunikasi di butuhkan untuk memperoleh atau member informasi dari atau kepada orang lain. Kebutuhan untuk mendapatkan informasi semakin meningkat sehingga manusia membutuhkan alat komunikasi yang dapat di gunakan kapapun dan dimanapun mereka berada. Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang teruccap belaka, melainkan bentuk dari apa saja interaksi, senyuman,anggukan kepala yang membenarkan hati, sikap badan, ungkapan minat, sikap dan perasaan yang sama. Diterimanya pengertian yang sama adalah merupakan kunci dari komunikasi. Tanpa penerimaan sesuatu denganpengertian yang sama, maka yang terjadi adalah diaolog antara orang satu. Komunikasi merupakan hal yang essensial dalam hidup kita, komunikasi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sampai yang kompleks dan teknologi kini telah merubah cara manusia berkomunikasi secara drastis.
Komunikasi bisa dikatakan adalah inti dari kepemimpinan, kepemimpinan yang efektif dapat dicapai melalui proses komunikasi yang dilakukan oleh pemimpin kepada anggotanya. Visi pemimpin bisa bagus, namun tanpa komunikasi yang efektif maka visi tersebut tidak akan bisa terwujud. Dalam mengkomunikasikan visi, maka pemimpin harus bisa menyampaikan suatu pengambaran dimasa depan yang mendorong antusiasme serta komitmen oranglain.


BAB II

TEORI

22.1. Definisi Komunikasi :

Komunikasi adalah proses dimana suatu pemikiran disampaikan kepada satu penerima atau lebih yang bertujuan untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku, bertukar pikiran gagasan baik secara vebal,ekspresi wajah,lukisan,seni dan teknologi. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? Mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa?



  •          Definisi menurut para tokoh :

·        1.. Reusch (1957)  : Komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
  
·       2. Weaver (1949) : Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui pikiran seseorang dapat mempenngaruhi pikiran orang lainnya.

·        3. Sindu Mulyanto ‘Panduan Lengkap Supervisi Perspektif Syariah’ : Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

·       4.  Anderson : Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

·        5. Hoben Simbol/Verbal/Ujaran : Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.





2 2.2. Dimensi Komunikasi :

1.      Isi  : Menunjukan muatan komunikasi,yaitu apa yang dikatakan (isi pesan).

2.      Kebisingan (suara) : Menunjukan adanya suara-suara psikologis yang menyebabkan interaksi antara satu anggota dan lainnya sulit untuk memahaminya.
  
3.   Jaringan komunikasi : Menunjukan adanya struktur jaringan yang sangat bermanfaat bagi kecepatan dan ketepatan komunikasi antara anggota satu dengan yang lain.

4.   Arah komunikasi : Dibagi menjadi 2,yaitu satu arah dan dua arah.Komunikasi satu arah contohnya : Si A berbicara dan si B mendengarkan.Komunikasi dua arah contohnya : si A berbicara dan si B dapat membalas berbicara kembali.





BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

             Kesimpulan yang dapat disimpulkan antara lain, bahwa komunikasi adalah proses dimana terjadi interaksi satu penerima atau lebih yang efektif atau efisien sehingga terjadi interaksi secara verbal maupun non verbal. Dikehidupan ini komunikasi merupakan sesuatu yang sangat vital. Komunikasi berperan penting bagi kelangsungan hidup karena, manusia itu adalah mahluk social yang membutuhkan interaksi satu sama lain.











Daftar Pustaka :

Zarkasi, Muslihah. Psikologi Management. Jakarta : Erlangga
Nawangsari, Sri. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Gunadarma
Jurnal Komunikasi antar budaya LA Lubis- Universitas Sumutera Utara Digital Library. Medan 2002. Library.usu.ac.id
Jurnal Komunikasi antarpersona : Perspektif Komunikasi Cyberspace D Fardiah. Media Tor (Jurnal Komunikasi), 2002-Ejournal.unisba.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar