PSIKOLOGI
MANAJEMEN
KOMUNIKASI
DI
SUSUN OLEH :
KELOMPOK
APEL
3PA06
MARCHIA
DHIYA FATHIN ( 15513260)
NAZHIRA
SARFINA ( 16513370)
RAKA
NOVANDRA (
17513213)
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komunikasi
merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting, komunikasi di butuhkan untuk
memperoleh atau member informasi dari atau kepada orang lain. Kebutuhan untuk
mendapatkan informasi semakin meningkat sehingga manusia membutuhkan alat
komunikasi yang dapat di gunakan kapapun dan dimanapun mereka berada.
Komunikasi tidak terbatas pada kata-kata yang teruccap belaka, melainkan bentuk
dari apa saja interaksi, senyuman,anggukan kepala yang membenarkan hati, sikap
badan, ungkapan minat, sikap dan perasaan yang sama. Diterimanya pengertian
yang sama adalah merupakan kunci dari komunikasi. Tanpa penerimaan sesuatu
denganpengertian yang sama, maka yang terjadi adalah diaolog antara orang satu.
Komunikasi merupakan hal yang essensial dalam hidup kita, komunikasi dapat
dilakukan dengan cara yang sederhana sampai yang kompleks dan teknologi kini
telah merubah cara manusia berkomunikasi secara drastis.
Komunikasi
bisa dikatakan adalah inti dari kepemimpinan, kepemimpinan yang efektif dapat
dicapai melalui proses komunikasi yang dilakukan oleh pemimpin kepada
anggotanya. Visi pemimpin bisa bagus, namun tanpa komunikasi yang efektif maka
visi tersebut tidak akan bisa terwujud. Dalam mengkomunikasikan visi, maka
pemimpin harus bisa menyampaikan suatu pengambaran dimasa depan yang mendorong
antusiasme serta komitmen oranglain.
BAB
II
TEORI
22.1. Definisi Komunikasi
:
Komunikasi
adalah proses dimana suatu pemikiran disampaikan kepada satu penerima atau
lebih yang bertujuan untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku, bertukar
pikiran gagasan baik secara vebal,ekspresi wajah,lukisan,seni dan teknologi.
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa?
Mengatakan apa? Dengan saluran apa? Kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa?
- Definisi menurut para tokoh :
· 1.. Reusch (1957) : Komunikasi adalah suatu proses yang
menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
· 2. Weaver (1949) : Komunikasi adalah
seluruh prosedur melalui pikiran seseorang dapat mempenngaruhi pikiran orang
lainnya.
· 3. Sindu Mulyanto ‘Panduan Lengkap
Supervisi Perspektif Syariah’ : Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh
pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.
· 4.
Anderson : Komunikasi merupakan proses yang
dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.
· 5.
Hoben Simbol/Verbal/Ujaran : Komunikasi
adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.
2 2.2. Dimensi Komunikasi :
1. Isi : Menunjukan muatan komunikasi,yaitu apa yang
dikatakan (isi pesan).
2. Kebisingan (suara)
: Menunjukan adanya suara-suara psikologis yang menyebabkan interaksi antara satu anggota dan lainnya
sulit untuk memahaminya.
3. Jaringan komunikasi
: Menunjukan adanya struktur jaringan yang sangat bermanfaat bagi kecepatan dan
ketepatan komunikasi antara anggota satu dengan yang lain.
4. Arah komunikasi
: Dibagi menjadi 2,yaitu satu arah dan dua arah.Komunikasi satu arah contohnya
: Si A berbicara dan si B mendengarkan.Komunikasi dua arah contohnya : si A
berbicara dan si B dapat membalas berbicara kembali.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang
dapat disimpulkan antara lain, bahwa komunikasi adalah proses dimana terjadi
interaksi satu penerima atau lebih yang efektif atau efisien sehingga terjadi
interaksi secara verbal maupun non verbal. Dikehidupan ini komunikasi merupakan
sesuatu yang sangat vital. Komunikasi berperan penting bagi kelangsungan hidup
karena, manusia itu adalah mahluk social yang membutuhkan interaksi satu sama
lain.
Daftar
Pustaka :
Zarkasi, Muslihah.
Psikologi Management. Jakarta : Erlangga
Nawangsari, Sri. 1997.
Komunikasi Bisnis. Jakarta : Gunadarma
Jurnal Komunikasi antar
budaya LA Lubis- Universitas Sumutera Utara Digital Library. Medan 2002.
Library.usu.ac.id
Jurnal Komunikasi
antarpersona : Perspektif Komunikasi Cyberspace D Fardiah. Media Tor (Jurnal
Komunikasi), 2002-Ejournal.unisba.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar